» » » » 7 ILMUAN ISLAM YANG MENGUBAH DUNIA

Dunia mungkin lupa betapa berharganya warisan ilmu-ilmu pengetahuan oleh kaum muslimin.bahkan ada yang tak menyangka bahwa prinsip-prinsip pengetahuan modern itu ditemukan lewat kecermelangan pemikiran ilmuan muslim.Untuk masa itu,Ilmu mereka dikatakan telah melampaui batas zamannya,berikut konstribusi ilmuan muslim bagi dunia:

1.mungkin orang mengira bahwa dunia baratlah yang memperkenalkan kamera,padahal prinsip kerja kamera telah ditemukan 1000 tahun silam oleh seorang ilmuan muslim bernama IBNU AL-HAITHAM pada akhir abad ke 10 al haitam menemukan sebuah kamera obscura.


penemuan ini ia lakukan bersama kamalludin al-farissi .mereka berdualah yang mempelajari fenomena gerhana matahari.untuk mempelajari fenomena tersebut maka al-haitam pun membuat lubang kecil yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan pada bidang datar.kajian ilmu optik barupa kamera obscura itu yang mendasari kinerja kamera yang digunakan oleh umat manusia sampai saat ini,bahkan mengilhami penemuan film.


2.Jepang boleh bangga karena terkenal dengan teknologi robotnya.tapi mereka harus berterima kasih pada BADI AL-ZAMAN ABULLEZ IBN ALRAZZ AL-JARI atau lebih dikenal dengan nama Al-jari .beliau adalah tokoh besar di bidang mekanik dan industri yang lahir di utara iraq pada abad ke 12. Al-jari sendiri dikenal sebagai bapak teknik mesin modern karena berkat tenemuan- tenemuannya yang mempengaruhi penemuan mesin modern saat ini seperti mesin pembakaran,pompa penghisap dengan menggunakan mesin engkol,otomatisasi programan dan lain-lain.


3 .Bumi itu bulat, hal itu dikatakan oleh Copernicus.orang-orang barat pun langsung tercengang karena mereka selama ini menganggap bumi itu datar.padahal teori ini sudah ada sejak zaman NASIR AL-DIN AL TUSI dan IBNU SHATIR.Teori planet dan perhitungan matematikanya sudah ada seabad lebih sebelum hadirnya copernicus.Diduga copernicus adalah pengikut al-tusi. dalam teorinya, copernicus juga merujuk katalog planet dan bintang yang ada dalam buku al Zarqali dan al battani yakni "De revolutionibus"


Arab astronomers study the heavens in this print from a commentary on Cicero’s Somnium Scipionis, whose central character ranges through the celestial spheres that surround the Earth, and carry the planets and the stars.


4.Jika dunia mengagumi wright bersaudara karena berhasil menemukan pesawat terbang,maka duniapun harus mengakui CORDOBAN ABBAS IBNU FIRNAS ilmuan ini lahir di abad ke 9 dan memiliki berbagai macam bakat yakni seniman puisi,astrolog,musisi,dan astronom.terbang di udara adalah salah satu obsesinya.dan dia berhasil untuk menciptakan mesin untuk membawa orang terbang ke angkasa.
Ibnu firnas terbang beberapa kali melewati daerah gurun dengan mesin yang telah disempurnakan di cordoba(spanyol)tahun 875.pada waktu itu dia menyempurnakan mesin yang terbuat dari kain sutera dan bulu elang.dia melompat dari gunung dan bisa terbang selama 10 menit,tapi kemudian terhempas. dia menyimpulakan hal ini dikarenakan ia tidak menaruh ekor pada mesin buatannya.
nama ibnu firnas di abadikan sebagai bandara di iraq dan sebuah kawah di bulan.




5.Penulisan bilangan bedasarkan model arab petama kali dicetak dalam karya matematika fenomenal muslim al-khawarizmi dan al-kindi istilah al jabar sendiri diambil dari buku yng berjudul al-jabr wa-al muqabilah oleh al khawarizmi pada tahun 825.Tiga ratus kemudian ilmu matematika ini tiba di eropa dan dikembangkan oleh ahli matematika terkenal italia,Fibonacci.


6.Spanyol boleh mengklaim bahwa benua amerika ditemukan oleh mereka.padahal menurut catatan ,70 tahun silam sebelum colombus menginjakan kakinya disana,Laksamana cheng ho,seorang muslim china yang berasal dari dinasti ming telah lebih dulu tiba disana tahun 1421-1423.chengho menelusuri wilayah afrika sampai america selatan sebuah peta navigasi kuno yang bersumber dari perjelajahannya itu menjadi buktinya.


7.banyak peralatan bedah modern menggunakan desain yang sama dengan alat bedah yang diciptakan oleh ahli bedah muslim bernama AL-ZAHRAWI pada abad ke 10. alat- alat itu antara lain :gergaji tulang,skapei,tang dan gunting kecil untuk operasi mata.dia juga menemukan catgut yaitu sejenis benang untuk menjahit yang terbuat dari usus kambing dan hewan lainnya yang bisa hancur secara alami, setelah terinsfirasi dari monyet yang memakan dawai kecapinya.dia juga menemukan cangkag kapsul sebagai obat-obatan.
 
 

About Wee ElLen

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply