» » » GAMBAR TERBENTUKNYA SEBUAH PLANET

Astronomer berhasil mengambil gambar terbentuknya sebuah planet.

Adam Kraus dari Institut Astronomi di University of Hawaii mengatakan planet tersebut terbentuk dari debu dan gas yang mengelilingi sebuah bintang berusia 2 juta tahun yang berjarak sekitar 450 tahun cahaya dari bumi.

Planet tersebut berdasarkan model pembentukan planet diperkirakan telah mulai terbentuk sekitar 50 ribu hingga 100 ribu tahun lalu.

Diberi nama LkCa 15 b, planet itu merupakan planet termuda yang pernah diobservasi. Rekor sebelumnya berusia lima kali lebih tua.

Kraus dan rekannya Michael Ireland dari Macquarie University menggunakan Teleskop Keck di Mauna Kea untuk menemukan planet itu.

"Kami melihat obyek tersebut pada waktu yang tepat. Kami menemukan sebuah bintang muda dengan disk yang mengelilinginya yang menunjukkan ada sebuah planet yang tengah terbentuk. Kami kemudian melihat sesuatu terbentuk di tengah-tengah disk tersebut," ujar Kraus.

Kraus menyampaikan penemuannya tersebut di Goddard Space Flight Center milik NASA di Maryland. Laporan penemuan Kraus dan Ireland rencananya akan segera diterbitkan di The Astrophysical Journal.
 
 
 

About Wee ElLen

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply