» » IKAN BERFORMALIN LEBIH BAHAYA


(Foto: gettyimages)


BAHAN makanan sehat bisa tidak menyehatkan bagi tubuh lantaran pengolahan yang salah. Hasil laut, misalnya, bisa menyebabkan beragam penyakit akibat “tangan usil”.

Indonesia sangat kaya akan hasil laut, khususnya ikan. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan membuatnya baik untuk jantung dan kecerdasan.

Sayang, perilaku masyarakat sendiri yang menyebabkan ikan bisa menjadi pemicu beragam penyakit. “Nelayan Indonesia kebanyakan ke tengah laut mencari ikan tidak membawa es (agar ikan segar lebih lama-red), melainkan formalin,” kata Prof Dr Ir Ali Khomsan selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor pada acara “Edukasi Dini Pentingnya Sarapan” oleh Blue Band dan Sari Roti di kawasan Cinere, Depok, Selasa (1/11/2011).

Formalin masih juga digunakan pada proses pengasinan ikan. “Begitu juga ketika penjemuran ikan asin. Agar tidak dihinggapi lalat, mereka menyemprotkan formalin. Saya rasa itu bahayanya ikan,” tambahnya.

Formalin adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet. Sebenarnya formalin berfungsi sebagai desinfektan, tapi disalahgunakan oleh sebagian orang untuk mengawetkan ikan demi mencegah kerugian. Formalin berguna sebagai desinfektan karena membunuh sebagian besar bakteri dan jamur.

Berikut ciri-ciri ikan yang mengandung formalin:
1. Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat Celsius).
2. Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar.
3. Warna daging ikan putih bersih.
4. Bau menyengat, bau formalin, dan kulit terlihat cerah mengkilat.
5. Daging kenyal.
6. Lebih awet dan tidak mudah busuk walau tanpa pengawet seperti es.
7. Ikan berformalin dijauhi lalat.
8. Tidak terasa bau amis ikan.

Sementara, ciri-ciri ikan asin berformalin adalah tidak rusak sampai lebih dari sebulan pada suhu kamar(25 derajat Celsius), warna bersih dan cerah, tidak berbau khas ikan asin dan tidak mudah hancur, serta tidak dihinggapi oleh lalat bila diletakkan di tempat terbuka.



About Wee ElLen

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply