» » » CARA MENGONTROL MINYAK BERLEBIH DI RAMBUT

img

Memiliki jenis rambut yang berminyak memang menjadi masalah tersendiri. Rambut kerap tampak kusam dan sulit diatur.

Masalah lainnya, Anda sering kerepotan karena harus setiap hari keramas agar rambut tidak lepek. Menurut Edward Tricomi, pemilik salon 'Warren Tricomi' di New York, rambut berminyak memang dapat terlihat sangat mengilap.

"Rambut dapat 'tenggelam' dalam minyak dan rambut Anda akan lebih mudah lepek," ujar Edward.

Dr Heidi Waldorf, dermatolog di Mt. Sinai School of Medicine di New York mengatakan, jika kelenjar memproduksi sebum--minyak alami-- berlebihan, maka minyak dapat ke menyebar dan membuat rambut menjadi berminyak. Kelebihan minyak di kulit kepala juga bisa disebabkan karena menstruasi.

Meskipun kulit kepala yang berminyak tidak bisa disembuhkan secara permanen, namun Anda dapat mencoba beberapa tips ini untuk mengontrol minyak berlebih, seperti dilansir dari Life and Beauty Weekly.

Mengganti Shampo
Waldrof menyarankan untuk menggunakan shampo yang mengandung zinc pyrithione atau asam salisilat, yang banyak ditemukan di beberapa shampo anti-ketombe. Kandungan tersebut dapat membantu mengontrol kelebihan minyak.

Shampo Dua Kali
Agar minyak yang berlebih terangkat sempurna, bilas rambut dua kali dan jangan segera membilas shampo. Berikan pijatan ringan ke dalam kulit kepala dan tunggu sekitar 30 detik sebelum membilasnya. Cara ini memberikan busa lebih banyak dan dapat mengangkat minyak yang berlebih. Kemudian bilas, lalu oleskan kembali shampo dan ulangi tahapan tadi. Membilas rambut dua kali dapat membuat kulit kepala dan rambut benar-benar bersih.

Hair spray
Kunci dari penataan rambut berminyak adalah dengan memberikan volume, karena pada umumnya rambut berminyak sering lepek dan kempis. Semprotkan volumizing spray atau hair spray pada rambut yang masih setengah kering. Semprotkan pada akar, lalu singkap rambut kedepan dan blow-dry rambut Anda hingga kering. Setelah rambut benar-benar kering, balikkan lagi rambut Anda, dan rambut menjadi lebih mengembang.

Bedak Bubuk atau Shampo Kering
Shampo kering bertekstur seperti bedak bubuk. Fungsinya untuk menyerap minyak pada rambut. Di Indonesia shampo kering jarang dijual di pasaran. Untuk keadaan darurat Anda bisa menggantinya dengan bedak bayi. Caranya dengan mengaplikasikan bedak bayi di kulit kepala. Bedak dapat menyerap minyak yang berlebih pada rambut.
 
 
 
 

About Wee ElLen

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply