» » » MOBIL UAP ANTIK TERJUAL MAHAL

Mobil Uap Antik 1884 Terjual US42 Juta
MOBIL tertua di dunia De Dion Bouton et Trepardoux Dos-a-Dos Steam Runabout 1884 terlelang dengan harga menakjubkan US$4.62 juta (lebih dari Rp41 miliar) di RM Auctions Hershey, Pennsylvania. Nilai ini dua kali lipat dari harga yang diperkirakan sebelumnya.

Mobil antik bertenaga uap air yang dikenal dan masih berfungsi ini merupakan pesanan pengusaha Prancis Count de Dion. Kendaraan pesanan khusus yang diberi nama julukan 'La Marquise' dibuat pada 1884 oleh Georges Bouton dan Charles-Armand Trepardoux.

Mobil antik ini dibekali dua mesin uap dan tangki air berisi 151 liter yang dapat menjalankan kendaraan ini dengan jarak sekitar 32 km dengan kecepatan maksimal 61 km/jam.

Dalam pelelangan yang digelar Jumat pekan lalu, kendaraan ini ditawarkan dengan harga pembukaan US$500 ribu. Tawaran langsung melompat di angka US$1 juta. Tanpa memakan waktu lama, penawaran akhir segera tercapai dengan angka US$4.620.000.

"Kami merasa terhormat dipercaya untuk menjual mobil koleksi dari almarhum John O'Quinn. Kolektor mobil terkemuka di dunia ini memang dikenal dengan koleksi-koleksinya yang sangat langka dan sangat diminati kolektor lain. Hal ini terlihat dari proses lelang yang begitu semangat dengan hasil yang mengesankan," ujar Bob Myers selaku pimpinan dan pendiri RM Auctions usai lelang.

Selain kendaraan uap ini masih berfungsi, De Dion Bouton et Trepardoux Dos-a-Dos Steam Runabout 1884 ini memiliki catatan sejarah berharga lainnya yang pernah ikut dalam balap mobil pertama pada 1887 dengan mencatatkan kecepatan maksimal 60 km/jam di jalan lurus.

Faktor lain yang membuat kendaraan ini semakin bernilai adalah nilai orisinalitasnya yang membuat La Marquise berhasil menyabet penghargaan ganda pada kegiatan bergengsi Pebble Beach Concours d'Elegance 1997. 

About Wee ElLen

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply